Translate

Recent Comments

Followers

Home » , » Logika dan Pikiran

Logika dan Pikiran


Banyak jalan pikiran kita dipengaruhi oleh keyakinan, pola berpikir kelompok, kecenderungan pribadi, pergaulan, dan sugesti. Contoh, ketika seseorang pergi pada malam hari kemudian melewati rumah yang konon katanya ada hal-hal yang berbau mistis, secara refleks otak kita akan dipengaruhi oleh perkataan orang-orang yang mempercayai hal-hal mistis tersebut, maka ketika melewati rumah tersebut banyaklah khayalan-khayalan orang tersebut dalam pikirannya.
Logika tidak mempelajari cara berpikir semua ragamnya, tetapi pemikiran dalam bentuk yang benar. Logika juga merumuskan serta menerapkan hukum-hukum dan patokan-patokan yang harus di taati agar manusia dapat berpikir benar, efesien, dan teratur.
Dengan demikian, ada dua objek penyelidikan logika, yaitu:
  1. Pemikiran sebagai objek material, yaitu mempelajari tentang: sumber dan asal usul pengetahuan; alat-alat pengetahuan; proses terjadinya pengetahuan; kemungkinan-kemungkinan dan batas-batas (relativitas) pengetahuan; kebenaran dan kesalahan; makna kriteria; dan teori dan metode ilmu pengetahuan.
  2. Patokan-patokan atau hukum-hukum berpikir benar sebagai objek formalnya, yaitu hanya mengkaji tentang bentuk ilmu (form-nya). Bentuk (form) atau logika formal itu adalah mengkaji antara lain tentang: definisi atau pengertian atau konsep; makna keputusan; beragam proposisi; penyimpulan (inference); dan silogisme.


Posted by Unknown ~ Sharing Sciences Various and Informations

Anda sedang membaca artikel yang berjudul "Logika dan Pikiran". Mohon maaf apabila konten dari postingan yang anda baca sudah rusak atau terjadi kesalahan dalam penulisan. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan anda membaca artikel ini. Sangat senang hati apabila anda mengoreksi atau memberikan kritik dan saran melalui kotak komentar.

:: Thank you for visiting ::

1 komentar: