Translate

Recent Comments

Followers

Home » , » Faktor Sperma Tidak Berkualitas

Faktor Sperma Tidak Berkualitas

Sperma adalah indikator penting bagi manusia dan bagi generasi selanjutnya (Anak) namun tahukah anda bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas sperma. Seorang ahli di Inggris, Profesor Richard Sharpe, dari University of Edinburgh, mengatakan bahwa penurunan kualitas sperma terjadi di hampir seluruh negara di dunia. Ini yang kemudian membuat angka infertilitas merangkak naik. Demi mempertahankan tingkat kesuburan Anda, saya kumulasikan beberapa faktor yang harus dihindari:

Tidak Memvariasikan Makanan
Para pria yang ingin sehat tak hanya harus mengonsumsi makanan sehat dan komplit namun juga memvariasikannya. Pola makan akan mempengaruhi produksi sperma. Banyak orang yang ‘mendewakan’ satu jenis makanan saja. Padahal ada vitamin tertentu yang tidak terdapat di jeruk, maka harus mengonsumsi buah-buahan lain. Sama seperti, protein yang terdapat dalam daging kambing, pasti berbeda dengan protein dalam daging sapi, ayam atau ikan. Jadi, perlu divariasikan demi kecukupan nutrisi.


Tidak Berolahraga
Pria yang secara teratur melakukan olahraga lebih cenderung memiliki produksi dan kualitas sperma yang lebih baik. “Karena, orang yang malas bergerak biasanya malah sakit”.

Olahraga Terlalu Intense
Berbeda dengan tidak berolahraga. Olahraga intense dapat menjaga jantung sehat dan juga bisa membuat tubuh lebih aktif, tetapi ada hal lain yang dapat muncul jika stres tubuh terlalu banyak. Daerah kelamin harus selalu terpelihara, sejuk dan kering. Bila Anda menikmati latihan intens, daerah kelamin bisa menjadi panas dan ini dapat menurunkan jumlah sperma, karena gonad memerlukan suhu optimal untuk menghasilkan sperma.


Pola Hidup Tidak Sehat
Membiasakan tidur malam tepat waktu ternyata cukup membantu meningkatkan jumlah dan kelincahan sperma. “Percuma juga, jika pola makan baik dan rutin berolahraga, tetapi selalu tidur larut malam atau begadang. Hal ini akan menurunkan kualitas sperma Anda”.

Merokok 
Jika Anda masih menjadi perokok aktif hingga saat ini, maka segera berhentilah. Selain menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari berbagai jenis kanker hingga impotensi. merokok juga memengaruhi jumlah dan kualitas sperma. Merokok dapat memberikan kontribusi pada penumpukan plak di arteri dan plak tersebut akan menghalangi aliran darah ke penis. Merokok juga dapat mempengaruhi kualitas dan keaktifan sperma.

Berendam Air Hangat 
Suhu air hangat disebut sebagai salah satu penyebab buruknya kualitas sperma. Ini karena skrotum sangat membutuhkan suhu dingin untuk dapat bekerja maksimal. Bagi pasangan yang benar-benar sedang merencanakan kehamilan, tunda dahulu kegiatan santai, berendam dengan air hangat.

Celana Dalam 
Para peneliti juga menemukan bahwa celana memberi pengaruh besar pada penurunan jumlah sperma. Ukuran celana yang terlalu ketat juga akan menciptakan suhu panas yang pada gilirannya juga akan menurunkan jumlah dan kualitas sperma. Untuk ini, Anda sangat disarankan memilih celana dalam dengan model boxer.

Celana Ketat dan Panas 
Ini adalah sesuatu yang tidak banyak disadari pria. Pria yang memakai celana ketat yang mungkin menghadapi masalah dengan motilitas dan produksi sperma. Hal ini karena celana ketat membuat daerah kelamin panas dan ini mempengaruhi produksi sperma. Seperti yang telah disebutkan mandi air panas juga dapat menyebabkan masalah seperti itu, maka Anda harus menjaga gonad kering dan memakai pakaian yang longgar.
  
Ponsel
Kontrol terhadap penggunaan ponsel juga penting. Sebuah studi menemukan bahwa laki-laki yang aktif menggunakan alat komunikasi jenis ini selama lebih dari satu jam sehari, memiliki jumlah sperma yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak terlalu banyak menggunakannya. Ini juga berlaku bagi mereka yang sering menyimpan ponselnya di dalam kantung celana. Hal ini sangat mengekspos skrotum terhadap radiasi ponsel.

Obesitas
Bentuk tubuh ini, sepertinya harus dibenarkan. Banyak masalah kesehatan yang dikaitkan dengan obesitas, termasuk buruknya kualitas sperma. Pria dengan obesitas disebut memiliki hormon estrogen lebih rendah, dengan jumlah sperma yang rendah pula.

Alkohol
Penyalahgunaan alkohol sulit untuk dilacak dan meskipun itu tidak seburuk merokok tembakau, masih saja memiliki efek berbahaya. Minum terlalu banyak alkohol dapat mempengaruhi kesuburan dan dapat menurunkan kuantitas dan kualitas sperma. Fakta membuktikan bahwa konsumsi alkohol secara berlebih dapat menurunkan kualitas sperma. Alkohol ini mencegah penyerapan seng, yang merupakan salah satu mineral penting dalam pembentukan sel sperma.

Obat-obatan Terlarang
Ini adalah salah satu penyebab utama di balik sperma lemah dan pria yang merokok ganja secara teratur lebih rentan terhadap sperma lemah dan jumlah sperma rendah dibanding pria yang tidak pernah merokok ganja. Masalahnya bukan hanya ganja, ekstasi dan kokain juga bisa menurunkan kualitas sperma.

Steroid
Steroid sering menjadi jalan pintas bagi pria yang ingin memperbesar otot. Meskipun benar bahwa steroid bisa membuat tubuh berotot, tapi efek samping streoid ternyata sangat mengkhawatirkan, seperti menyebabkan kerusakan hati, tingkat kolesterol LDL tinggi, pertumbuhan terhambat, kebotakan, masalah kemandulan dan masalah ginjal.

Kekurangan Vitamin C
Kekurangan vitamin C dalam makanan sehari-hari adalah penyebab utama kemandulan. Anda harus memastikan menyertakan item makanan yang kaya vitamin C, seperti jeruk dan buah lainnya yang kaya akan antioksidan. Sperma terikat untuk tetap bersatu jika tubuh kekurangan vitamin C dan ini akan menurunkan potensi seksual (kesuburan).

Gizi Rendah
Hampir semua proses dalam tubuh saling berhubungan dan Anda harus memastikan mengikuti diet standar sehingga tidak ada masalah dengan gizi buruk. Anda harus menyertakan makanan yang kaya mangan, seng dan selenium. Kekurangan mineral-mineral tersebut dapat menurunkan kualitas dan kuantitas sperma.

Lingkungan Berbahaya
Anda harus mencoba dan tinggal jauh dari pestisida, insektisida, bahan kimia beracun, logam berat dan pelarut organik untuk menghindari segala bentuk keracunan lingkungan, yang nantinya bisa menyebabkan sperma lemah. Segala bentuk radiasi pengion juga dapat menyebabkan kerusakan pada sistem reproduksi dan dengan cara ini juga mempengaruhi sperma.

Antibiotik
Antibiotik yang diresepkan untuk memerangi infeksi dapat menurunkan kualitas sperma dan dapat mengurangi mobilitas dan jumlah sperma juga. Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum memilih untuk obat tersebut, sehingga tidak mengganggu rencana Anda memiliki anak.

Posted by Unknown ~ Sharing Sciences Various and Informations

Anda sedang membaca artikel yang berjudul "Faktor Sperma Tidak Berkualitas". Mohon maaf apabila konten dari postingan yang anda baca sudah rusak atau terjadi kesalahan dalam penulisan. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan anda membaca artikel ini. Sangat senang hati apabila anda mengoreksi atau memberikan kritik dan saran melalui kotak komentar.

:: Thank you for visiting ::

0 Comments
Tweets
Komentar

0 komentar:

Posting Komentar